Wednesday, May 25, 2016

BMKG Gandeng NOAA-USA Perkuat SDM Pelayanan Iklim


Manado, 13/5 (AntaraSulut) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menggandeng National Oceanic and Admospheric Administration (NOAA-USA) untuk memperkuat Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang kelautan untuk meningkatkan pelayanan iklim.

"Workshop ini sudah tahun ke-11 kita lakukan dengan harapan mampu meningkatkan kualitas SDM di Indonesia khususnya di Manado juga dalam pelayanan iklim dengan memanfaatkan observasi laut," kata Kepala BMKG Dr Andi Eka Sakya di Manado, Jumat.

Dia mengatakan kegiatan workshop internasional iklim maritim ini merupakan bagian dari rangkaian implementasi kerjasama antara BMKG dan NOAA yang telah ditandatangani pada tanggal 16 Januari 2016.

Kegiatan ini akan berlangsung selama lima hari dari tanggal 13-17 Mei 2016 dengan melibatkan 30 orang peserta dan universitas perwakilan dan stasiun BMKG di berbagai daerah.

"Kami memilih Manado sebagai tempat pertemuan ke-11 kali ini, karena daerah ini sangat unik dengan wilayah laut yang sangat menarik apalagi menjadi salah satu tempat segitiga terumbu karang yang telah digagas sejak 2009 dalam World Ocean Conference (WOC)," jelasnya.

Dia menjelaskan sebagai negara kepulauan yang terletak di antara dua benua dan dua samudera, wilayah Indonesia menjadi salah satu pusat kendali sistem iklim dunia.

Untuk mengantisipasi atau menekan dampak yang ditimbulkan fenomena kelautan dengan meprediksi fenomena El Nino Souther Oscillation (ENSO).

Workshop yang akan berlangsung hingga 17 Mei mendatang itu menghadirkan pembicara dari NOAA/OCO Dr Sidney Thurston, Dekan Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan Universitas Sam Ratulangi Manado Revol Gerung, dan Kepala BMKG Dr Andi Eka Sakya.***1***Budi Suyanto


Sumber : http://www.antarasulut.com/berita/29911/bmkg-gandeng-noaa-usa-perkuat-sdm-pelayanan-iklim , Pewarta: Editor: Guido Merung , Jumat, 13 Mei 2016 17:00 WIB



0 comments: