Friday, December 4, 2015

Indonesia Gandeng Prancis dalam Bidang Penguatan Infrastruktur BMKG


Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) RI bekerja sama dengan Badan Meteorologi Prancis dalam penguatan infrastruktur. Infrastruktur yang dimaksud adalah alat pendeteksi cuaca ekstrem.

Kerja sama ini sebenarnya telah berlangsung selama lima tahun lalu dan saat ini sedang dijajaki untuk peningkatan pada sistem dan infrastruktur dari BMKG. Hal ini disampaikan Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno LP Marsudi saat bertemu Menlu Prancis Laurent Fabius di sela-sela KTT COP21 di Paris, Prancis, Rabu (2/12/2015).

"Kerjasama early warming system for extreme weather dilakukan antara BMKG dan Badan Meteorologi Prancis. Kerja sama berupa penguatan infrastruktur BMKG dan pengembangan kapasitas," kata Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno LP Marsudi kepada detikcom.

"Kerja sama ini juga mencakup antara lain modernisasi fasilitas meteorologi BMKG melalui pembangunan sistem ict, observasi dan sistem produksi terbaru untuk end user," lanjutnya.

Retno juga menambahkan melalui kerja sama ini, BMKG telah berhasil meningkatkan jangkuan jaringan observasi permukaan dan udara. Disamping itu BMKG juga telah memiliki sistem IT dan produksi standar WMO.

Hari ini direncanakan, Retno akan kembali ke Tanah Air usai mengikuti serangkaian acara KTT COP21 sejak tanggal 28 November. Sebelum kembali, Retno menyempatkan bertemu dan beramah tamah dengan Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) Prancis di KBRI Paris.

(yds/slm)



Sumber : http://news.detik.com/berita/3085993/indonesia-gandeng-prancis-dalam-bidang-penguatan-infrastruktur-bmkg | Rabu 02 Dec 2015, 14:00 WIB | Yudhistira Amran Saleh – detikNews

0 comments: