Monday, November 16, 2015

BMKG: Puncak Musim Hujan di Jakarta pada Januari-Februari 2016. Warga diminta bersiap menghadapi banjir karena daya serap permukaan tanah Jakarta terhadap air hujan terbilang rendah.


Memasuki bulan November hujan makin sering mengguyur Jakarta. (suara.com)
Suara.com - Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Andi Eka Sakya mengatakan, puncak musim hujan di Jakarta dan sekitarnya diperkirakan akan terjadi sepanjang Januari-Februari 2016. Untuk itu Pemprov dan warga Jakarta diminta  mempersiapkan diri menghadapi ancaman bencana banjir.

"Jakarta pada Januari Februari akan menemui puncak hujan. Oleh karena itu, harus waspada," kata Andi di Jakarta, Rabu (11/11/2015).

Andi mengatakan hujan saat ini sudah mulai turun di beberapa wilayah Jakarta. Namun, intensitasnya masih rendah mengingat sepanjang November ini merupakan masa transisi pergantian musim atau periode pancaroba. Di akhir November, intensitas hujan diperkirakan akan semakin naik, dan mencapai puncaknya pada pergantian tahun 2015 menuju 2016.

"Sekarang angin masih berpendar, hujan belum teratur. Kita sedang dalam masa pancaroba atau transisi pergantian musim," ucap dia.

Menurut dia, daya serap permukaan tanah di Jakarta terhadap air hujan terbilang rendah. Untuk itu, jika hujan deras melanda cenderung akan menutupi permukaan daratan Jakarta hingga menyebabkan banjir.

Untuk itu, dia meminta para pemangku kepentingan baik dari unsur pemerintah dan masyarakat untuk merespon dengan segera terhadap ancaman musim hujan yang sudah di depan mata.

"Daya serap Jakarta terhadap air hujan kurang baik maka agar ada pengaturan dan penataan aliran air sungai, sumur biopori (resapan) diperbanyak. Hal ini dilakukan agar tidak ada problem yang lebih besar akibat curah hujan yang akan semakin meningkat," tuturnya.

Intensitas curah hujan, kata dia, akan terus meningkat tidak hanya di Jakarta saja tetapi di banyak wilayah di Indonesia dimulai pada akhir November ini. Dengan naiknya curah hujan maka ancaman banjir semakin tinggi.

Andi mengatakan beberapa wilayah di Indonesia juga terancam banjir seiring peningkatan curah hujan seperti di Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, sebagian pulau Jawa dan Sulawesi Selatan bagian timur.


Sementara itu, beberapa wilayah di Indonesia justru sudah memasuki musim hujan seperti di Aceh bagian utara dan tengah, sebagian besar Sumatera Utara, Riau bagian barat dan Jayapura. (Antara)


0 comments: