Tuesday, October 20, 2015

El Nino Juga Berikan Dampak Positif



JAKARTA - Fenomena El Nino ternyata tak hanya menimbulkan dampak negatif di sejumlah wilayah di Indonesia. Namun, juga memiliki dampak positif bagi beberapa sektor.

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Andi Eka Sakya mengatakan, dampak yang positif yang muncul yakni meningkatkan panen ikan untuk para nelayan serta panen garam.

"Jadi, El Nino ini ada proses pendinginan di lautan. Maka proses penumbuhan klorofil, ada panen ikan yang berlimpah. Kedua proses kekeringan, tambak garam akan meningkat saat memanen garam. Ini akan terjadi di bulan Agustus dan September ini," ujar Andi di Kantor BMKG, Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (30/7/2015).

Namun demikian, Andi tetap mengingatkan kepada semua pihak untuk tetap waspada dengan dampak El Nino yang diprediksi berkepanjangan. Pasalnya, dampak negatif dari fenomena tersebut ada di berbagai bidang, seperti kesehatan, kehutanan, dan pertanian yang paling utama.

Kekeringan Melanda Brasil

"Ada dampak kesehatan terkait demam berdarah dan kurangnya ketersediaan air bersih. Lalu di bidang kehutanan, kita banyak lahan gambut, itu akan mudah terbakar yang menyebabkan kebakaran hutan," terangnya.

Seperti diketahui, ada sejumlah daerah di Indonesia telah mengalami kekeringan lantaran kemarau berkepanjangan yang diduga akibat fenomena El Nino. Wilayah tersebut yakni meliputi Sumatera Selatan, Lampung, Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Kalimantan Selatan dan Sulawesi Selatan. (Ari)

0 comments: