Monday, September 12, 2011

Simulasi Numerik Aliran Disekitar 25% Slotted Flap GA (W)-2 Dengan Metoda Vortex

Subagyo dan Andi Eka Sakya

Abstrak

Di bidang dinamika fluida komputasional telah muncul berbagai macam metoda numerik, diantaranya metoda elemen hingga (FEM), metoda beda hingga (FDM) dan metoda vorteks diskrit (DVM). Metoda vorteks merupakan metoda yang tidak memerlukan memori komputer yang besar seperti metoda-metoda numerik lainnya misalnya FDM dan FEM, karena tidak memerlukan jaringan kisi sehingga dapat dioperasikan pada komputer pribadi (PC). Metoda vorteks yang dibahas disini merupakan pengembangan lebih lanjut dari studi yang dlakukan oleh Vezza dan Galbraith dan diterapkan pada bentuk sayap 25% Slotted Flap GA(W)-2.
Model masalah yang digunakan adalah model aliran potensial dan penyelesaiannya menggunakan metoda elemen batas yang dikombinasikan dengan metoda vorteks. Udara yang mengalir dengan kecepatan aliran bebas di sektar sayap disimulasikan tiap selang waktu hingga tercapai waktu iterasi yang diberikan.
Di bidang penerbangan rancangan bentuk sayap pesawat terbang biasanya berdasarkan hasil percobaan yang secara ekonomis tidak murah. Dalam makalah ini akan dibahas masalah simulasi aliran tak tunak, tak termampatkan disekitar sayap 25% Slotted Flap GA(W)-2 pada bilangan Reynolds Re=2200000 dengan metoda vorteks untuk mendapatkan besaran-besaran aerodinamika pada sayap tersebut. Dengan demikian metoda ini dapat membantu mengoptimalkan pengujian yang dilakukan di terowongan angin.
Data hasil percobaan diketahui bahwa bentuk sayap GA(W)-2 merupakan bentuk sayap yang memiliki gaya angkat yang tinggi dibanding dengan seri bentuk sayap pendahulunya sehingga pengkajian pada bentuk sayap GA(W)-2 secara numerik menarik untuk dilakukan. Hasil simulasi numerik tersebut disajikan dalam bentuk aliran, distribusi tekanan dan koefisien gaya angkat yang menunjukkan kesesuaian dengan hasil percobaan.
(Proceedings SITRA '95 (II), Simposium Nasional Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dalam Rekayasa Aeronotika. ISSN: 0215-8825. hal.465-469)

0 comments: